IPTEK

Pengertian IPTEK




Iptek adalah – IPTEK sebagai suatu akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, IPTEK juga mengiringi sejarah peradaban manusia. Bahkan, pada sejumlah kajian juga menyebutkan bahwa IPTEK kemudian telah ada semenjak jutaan tahun yang lalu, dengan istilah yang berbeda.


IPTEK juga menjadi bagian terpenting di dalam kemajuan dunia, yang menyertai interaksi dengan masyarakat. Seiring dengan berjalannya waktu, IPTEK kemudian menjadi semakin berkembang serta berdampak besar.Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan IPTEK? Kamu bisa simak lebih lanjut tentang IPTEk pada artikel ini. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.


Pengertian IPTEK sebagai singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. IPTEK juga sebagai ilmu yang mempelajari mengenai perkembangan teknologi berdasarkan kepada pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga berjalan secara beriringan untuk membangun sebuah kemajuan dalam perkembangan global. Dengan kata lain, perkembangan IPTEK akan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Ilmu pengetahuan juga menjadi studi mengenai alam serta perilaku dunia fisik dengan alam melalui berbagai metode ilmiah. Ilmu pengetahuan sendiri didefinisikan sebagai proses mengamati, mengidentifikasi, eksperimen, deskripsi, penyelidikan, serta penjelasan teoritis mengenai fenomena alam tersebut.

Sementara itu, teknologi adalah kumpulan teknik dan proses yang digunakan dalam produksi barang ataupun jasa, serta pencapaian tujuan seperti diantaranya pada penyelidikan ilmiah. Teknologi ini juga berpacu kepada metode, perangkat dan sistem yang berasal dari ilmu pengetahuan ilmiah sebagai tujuan praktis.

Jadi, ilmu pengetahuan dan teknologi atau biasa disingkat menjadi IPTEK adalah suatu ilmu pengetahuan tentang teknologi yang dapat memudahkan seseorang dalam menjalani aktivitasnya.

 Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri dari IPTEK yang perlu kamu ketahui:




1. Empiris
Ciri IPTEK ini kemudian diperoleh melalui suatu proses pengamatan, penelitian, dan percobaan terlebih dahulu. Dari proses panjang inilah kemudian akan dilahirkan suatu pengetahuan.

2. Radikal
Maksud dari radikal sendiri bukanlah mengenai kebebasan tanpa aturan, tetapi lebih berfokus kepada upaya dalam menguraikan hingga ke akar persoalan dan lebih menekankan kepada esensinya.


3. Sistematis
Dikatakan sistematis karena ilmu yang telah ditemukan kebenarannya, perlu disebarluaskan. Karena tidak semua orang awam kemudian memahami maksud dari peneliti ataupun penemu ilmu pengetahuan tersebut. Jadi, dari segi penyampaian juga penyebarluasan ilmu pengetahuan kemudian harus disusun secara sistematis. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat menangkap dan lebih mudah memahami. Saat mudah dipahami, setidaknya orang kemudian akan dapat mempraktekan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4. Objektif
Sifat ilmu pengetahuan haruslah objektif. Maksud objektif ini adalah tidak memihak. Adapun manfaat sifat objektif, adalah menghilangkan prasangka serta penilaian negatif orang lain.

5. Analitis
Ilmu pengetahuan ini kemudian dibuat secara analitis. Dimana disampaikan secara terperinci, kritis dan menyeluruh. Jadi tak ada yang kemudian membeda-bedakan persoalan ataupun perannya.

6. Verifikatif
Maksud dari verifikatif ialah ilmu pengetahuan dan IPTEK harus sudah melalui pengujian berkali-kali. Pengujian ini sendiri kemudian digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan mencari jawaban sempurna terkait pertanyaan yang selama ini mungkin masih dipertanyakan. Dengan kata lain, ilmu pengetahuan haruslah dapat dikomunikasikan.

7. Logis
Ilmu pengetahuan secara rollings ini diperoleh melalui metodologi penelitian dan disusun secara logis. Tujuannya ialah mencapai keseluruhan solusi serta pesan

8. Bersifat Ilmiah
Ilmu pengetahuan bersifat ilmiah serta proses peroleh ilmu pengetahuan memang dilakukan secara serius serta bersungguh-sungguh.

9. Kritis
Dikatakan kritis jika teori tersebut tak lagi ditemukan teori definitive. Selain kritis ilmu pengetahuan juga sebagai keterhubungan teori mengenai kasus yang sekarang tengah terjadi. Itulah kesembilan ciri pengertian ilmu pengetahuan.

Dampak Negatif IPTEK

1.Dapat merusak moral, dimana Internet dapat menjadi media IPTEK yang turut mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti misalnya pada konten yang berbau negatif dan yang lain sebagainya.

2.Perkembangan IPTEK yang kian pesat dan banyak dimanfaatkan. Namun disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.

3.Dapat membuat orang menjadi semakin malas, karena IPTEK juga memiliki tujuan untuk mempermudah serta memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab telah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja. Bahkan, bisa memudahkan seseorang terkena penyakit

 Dampak Positif IPTEK
1.Dampak positif IPTEK diantaranya dapat meringankan berbagai masalah yang tengah dihadapi oleh manusia.

2.Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah serta cepat.

3.Dapat mengurangi pemakaian pada bahan-bahan alami yang semakin kesini semakin langka.

4.IPTEK juga akan membawa manusia ke arah yang lebih maju dan modern

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Bidang Pendidikan





1. Meningkatkan efisiensi pembelajaran
Dengan adanya teknologi dapat memudahkan siswa untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan dinamis.Hal ini dapat membuat siswa mudah siswa untuk memahami materi pembelajaran.

2. Meningkatkan aksesibilitas
Kemajuan TIK dapat memudahkan siswa untuk mengakses sumber daya pendidikan dari jarak jauh dan pada waktu yang fleksibel.

3. Memperkaya pengalaman pembelajaran
Teknologi memberikan akses ke berbagai sumber daya pendidikan seperti video, gambar, animasi, dan konten multimedia lainnya yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.
Hal ini juga membuat siswa enggak mudah bosan dengan pelajaran.

4. Meningkatkan keterampilan digital
Teknologi memungkinkan siswa untuk memperoleh keterampilan digital yang penting untuk masa depan.
Misalnya seperti penggunaan aplikasi, pemrograman, desain grafis, dan lain sebagainya.

5. Mendapatkan informasi lebih mudah
Hadirnya TIK dapat membuat siswa untuk mudah mengakses informasi dan data yang dibutuhkan.

6. Meningkatkan keterlibatan siswa
Teknologi dapat membantu para pendidik untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.

https://www.gramedia.com/literasi/iptek/

Komentar