PENEMUAN KOMPUTER


 Peranti komputer yang canggih ternyata punya sejarah yang cukup panjang, lho. Dulunya, komputer berukuran raksasa dan hanya orang tertentu yang bisa menggunakannya. Kini, komputer dapat dibawa ke mana pun dan digunakan oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Di balik itu semua, ada ilmuwan hebat yang telah berjasa besar dalam menemukan komputer pertama kali. Adalah Charles Babbage yang disebut sebagai penemu komputer pertama. Siapakah dia?

Mengenal sosok Charles Babbage, penemu komputer asal Inggris (Ruben de Rijcke via Wikimedia Commons)
Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Charles Babbage, seorang matematikawan dari Inggris yang berjasa dalam menemukan komputer pada abad-19.

Mengutip Buku 200 Tokoh Super Jenius Penemu & Perintis Dunia, Babbage mencetuskan ide tentang mesin yang bisa diprogram. Di era itu, komputer dikenal sebagai mesin hitung digital. Selain itu, mesin tersebut juga merupakan kalkulator otomatis pertama.

Kecintaan Babbage terhadap matematika dilatarbelakangi oleh ayahnya yang seorang pegawai bank. Babbage merasa tertarik dengan kegiatan hitung-menghitung yang dilakukan ayahnya.

Pria kelahiran Souhtwark, London, pada 26 Desember 1791 itu selalu mendapatkan nilai tinggi untuk pelajaran matematika.

Tahun 1811, Babbage bersekolah di Trinity College dan mendapatkan nilai sempurna untuk Matematika melampaui teman-temannya. Setelah lulus, Babbage dikenal sebagai Ahli Matematika muda yang berbakat di usianya 20 tahun saat itu.

Kemudian di tahun 1816, Babbage terpilih sebagai anggota Royal Society, sebuah organisasi bagi para ilmuwan sains dan akademis independen Inggris. Dia juga menjadi salah satu orang berpengaruh untuk berdirinya Astronomical Society tahun 1820.

Selanjutnya di tahun 1821, Babbage mulai menciptakan mesin hitung digitalnya dan diberi nama Difference Engine. Selama dua tahun, dia berusaha untuk menyempurnakan mesin hitungnya.

Penemu komputer tersebut berusaha untuk membuat mesin hitungnya berfungsi di berbagai jenis operasi aritmetika. Dia pun menamai mesin barunya Analytical Engine yang merupakan mesin pemanipulasi simbol umum dan memiliki karakteristik yang kemudian diadopsi komputer modern.

Meski begitu, ketertarikan masyarakat terkait penemuan Babbage masih jauh dari harapan. Namun Babbage tidak menyerah. Dia bekerja sama dengan Ada Lovelace di tahun 1843 untuk menyempurnakan Analytical Engine.

Pamor Babbage pun naik tetapi belum sepenuhnya terhadap ciptaannya. Penyebabnya, yang dibutuhkan untuk memaksimalkan mesin raksasa itu belum tersedia di era tersebut.

Pemerintah Inggris menilai masyarakat belum membutuhkan mesin ciptaan Babbage. Pendanaan yang diberikan kepadanya pun diputuskan untuk ditunda sementara tahun 1932 dan dihentikan sepenuhnya tahun 1842.

Keputusan itu mengecewakan Babbage. Pendanaan yang dihentikan membuat komputer ciptaannya baru terlaksana dalam taraf rancangan dan bentuk awal, jauh dari wujud yang diinginkannya. Kerangka mesin ciptaannya masih tersimpan rapi di Museum Sains London, Inggris, hingga saat ini.

Pada 1991, dengan menggunakan rencana asli Babbage, dikembangkanlah mesin yang dapat berfungsi sempurna. Gagasan Babbage tentang komputer bukanlah angan-angan. Pria itu pun meninggal pada 18 Oktober 1871 di London.

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230209130758-569-910936/mengenal-charles-babbage-penemu-komputer-pertama-di-dunia

Komentar