GlOBALISASI

 Pengertian Globalisasi






Secara etimologis, globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu globalize yang artinya universal atau menyeluruh dan imbuhan -ization yang pada kata globalization berarti proses mendunia. Makna globalisasi merupakan sebuah proses dari suatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia.

Dikutip dari jurnal Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia oleh Donny Ermawan T., MDS, globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarmanusia dan bangsa di seluruh dunia melalui perdagangan, perjalanan, interaksi, dan sebagainya yang membuat batas-batas suatu negara menjadi sempit.

Menurut para ahli:

1.Laurence E. Rothenberg
Menurut Laurence E. Rothenberg, globalisasi adalah percepatan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negara yang berbeda.

2.Anthony Giddens
Globalisasi menurut Anthony Giddens adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia yang terhubung antara peristiwa satu lokasi dengan lokasi lainnya yang menyebabkan perubahan pada keduanya.

Dampak Globalisasi

Dampak Positif
1.Perubahan tata nilai dan sikap
2.Berkembangnya ilmu pengetahuan dan          teknologi
3.Tingkat kehidupan lebih baik

Dampak Negatif
1.Lunturnya nilai budaya asli
2.Perubahan gaya hidup
3.Eksploitasi sumber daya alam yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6655870/globalisasi-adalah-pengertian-menurut-para-ahli-penyebab-dan-dampak

Komentar